twitter
rss

WELCOM TO MY BLOG,, SHERLY TEGUH MARFALINDA

BAB I
PENGENALAN LAYAR KERJA MS. EXCEL

Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows.
Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan opersi perhitungan serta dapat mempresentasikan data kedalam bentuk tabel.

1.1 Langkah – langkah dalam memulai Microsoft Excel
_ Aktifkan komputer terlebih dahulu 
_ Klik tombol Start pada taskbar
_ Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
_ Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
1.    Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar Kerja yang aktif.
2.     Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3.     Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
4.     Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
Berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5.     Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat
tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6.         Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7.        Cell
Cell merupakan
-          Nomor Baris
-          Nomor Kolom
-           Nama Range
-           Fungsi
-          Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horisontal.
_ Column Heading
Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja sheet yang aktif. Jumlah kolom yang tersedia yaitu 256 kolom.
Sel -  Penggabungan antara baris dan kolom pada lembar sheet.
Range -  Penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet.
1.2  Menginputkan Data Dalam Sel 
_ Pilih / klik sel tempat data yang akan dimasukkan
_ Ketikan data yang akan dimasukkan
_ Tekan enter untuk mengakhirinya
_ Untuk mengedit data yang telah diketik, tekan F2 atau Double klik di sel yang mau di edit.

Untuk menghapus data dalam sel, tekan tombol Delete di keyboard.

1.3  Memformat Kolom dan Baris
_ Merubah ukuran kolom 
_ Letakkan pointer di pembatas kolom yang ingin dirubah ukurannya, lalu drag sesuai dengan ukuran yang di inginkan.
Jika ingin merubah ukuran kolom lebih dari satu kolom, maka blok kolom yang
ingin dirubah kolomnya menggunakan mouse atau menggunakan tombol keyboard.
Kemudian klik tab Home dan klik icon Format _ Column Width _ Isi lebar
kolom dan tekan Ok.
1.4 Merubah Ukuran Baris
_ Letakkan pointer di pembatas baris yang ingin dirubah ukurannya, lalu drag sesuai dengan ukuran yang di inginkan

Jika ingin merubah ukuran baris lebih dari satu baris, maka blok baris yang
ingin dirubah menggunakan mouse atau menggunakan tombol keyboard.
Kemudian klik tab Home dan klik icon Format _ RowHeight _ Isi lebar Baris
dan tekan Ok
BAB II SHEET (LEMBAR KERJA)

2.1 Menambah Sheet Baru
_ Klik di Icon New atau tekan CTRL + N
_ Mengganti nama sheet
_ Klik kanan di sheet yang ingin diganti namanya
_ Pilih Rename
_ Menghapus sheet
_ Klik kanan di sheet yang ingin dihapus
_ Pilih Delete

2.2 File 
_ Menyimpan File 
_ Klik Menu File         Save / Save as 
2.3 Membuka File 
_ Klik Menu File -Open - Tentukan directory - Pilih salah satu file.
 
BAB III
MEMFORMAT CELLS

1.1    Mengcopy dan Memindahkan Isi Sel
a.       Mengcopy Sel
_ Blok sel yang ingin di-Copy
_ Pilih menu Edit Copy (Ctrl + C)
_ Pilih sel untuk menempatkan hasil copy-an
_ Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V) untuk mengeluarkan isi copy-an
b.      Memindahkan Sel
_ Blok sel yang ingin dipindahkan
_ Pilih menu Edit Cut (Ctrl + X)
_ Pilih sel yang baru untuk meletakkan hasil pindahan
_ Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V)
c.        Membuat Nomor & Bulan Berurut
_ Ketik angka atau bulan pertama pada sel yang diinginkan
_ Ketik angka atau bulan kedua pada sel selanjutnya (berurutan)
_ Blok kedua sel tersebut secara berurutan
_ Letakkan pointer pada sudut kanan bawah hingga keluar tanda tambah
a.        Menggabungkan Sel
_ Blok sel yang ingin digabungkan
_ Pilih menu Format – Cells
_ Klik Alignment
_ Tandai / klik Merge Cells – Ok Atau
_ Blok sel yang ingin digabungkan secara berurutan
_ Klik icon 
3.2  Mengetengahkan Teks
_ Klik tab Home
Klik di tanda panah icon Alignment 
_ Klik Alignment
_ Pada Horizontal pilih Center
_ Pada Vertical pilih Center
_ Klik Ok

3.3 Mengatur Tata Letak Teks
_ Klik sel dimana terdapat teks yang ingin diatur tata letaknya
_ Klik Alignment
_ Pada Orientation aturlah tata letak dan derajat kemiringan teks
_ Klik Ok

3.4 Membuat Garis Tabel
_ Blok seluruh sel yang ingin diberi garis tabel
_ Klik Alignment
_ Klik Border
_ Pilih garis tabel yang ingin Anda masukkan
_ Ok
3.5 Membuat Simbol Mata Uang
_ Blok semua angka yang ingin diberi simbul mata uang
_ Klik Alignment
_ Pilih Number
_ Klik Accounting
_ Pilih mata uang di Symbol
_ Isikan angka 0 (nol) pada Decimal Places
_ Klik Ok
3.6  Membuat Nama Satuan Pada Penulisan Angka
- Blok semua sel yang berisi angka
- Klik Alignment 
- Klik Number – Custom Pada Type tuliskan 0 “unit” (untuk nama satuan unit)
- Klik Ok
BAB IV
FUNGSI PERHITUNGAN

4.1  Operator Matematika
Operator matematika yang digunakan adalah :
                                      Note :
                 Setiap penulisan rumus selalu diawali dengan
          tanda sama dengan ( = ), dan setelah siap
memasukkan rumus harus menekan Enter
4.2  Fungsi Sum(.......)
Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya : = SUM(number1, number2, ……)
Contoh : = SUM(4,8,9) ® Tekan Enter

4.3  Fungsi Max(.......)
Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1,number2,……)
Contoh : =MAX(14,25,21) ® Tekan Enter

4.4  Fungsi Min(.......)
Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1, number2,……)
Contoh : =MIN(40,5,2) ® Tekan Enter



4.5 Fungsi Count(……)
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih. Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1, value2,…..)
Contoh : =COUNT(2,2,2,2,2,2,2) ® Tekan Enter

4.6  Fungsi Average(……)
Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
Contoh : =AVERAGE(10,5) ® Tekan Enter

4.7 FungsiI Logika
Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam sel. Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar atau salahnya pengujian. Fungsi Logika memerlukan operator perbandingan yaitu :
= (sama dengan)
< (lebih kecil dari)
> (lebih besar dari)
<= (lebih kecil sama dengan)
>= (lebih besar sama dengan)
<> (tidak sama dengan)
IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
Untuk memilih di antara dua nilai berdasarkan dua kondisi yaitu kondisi benar atau kondisi salah.

Fungsi If Tunggal
Contoh 1 : =IF(A2>50,”Naik Kelas”,”Tinggal Kelas”)
Artinya jika nilai sel A2 lebih besar dari 50, maka dinyatakan “Naik Kelas”,
sebaliknya jika nilai sel A2 kurang dari 50 maka dinyatakan “Tinggal Kelas”.

Contoh 2 : =IF(A2=”B”,”Baik”,”Buruk”)
Artinya jika nilai sel A2 berinisial B, maka bersikap “BAIK”. Namun sebaliknya bila bukan B, maka bersikap “BURUK”.
Fungsi If Majemuk
Contoh :
=IF(C4=”A”,”ISTIMEWA”,IF(C4=”B”,”BAIK”,IF(C4=”C”,”CUKUP”,”KURANG”)))
Artinya jika pada sel C4 nilainya A maka hasilnya “ISTIMEWA”, jika pada sel C4 nilainya B maka hasilnya “BAIK”, jika pada sel C4 nilainya C maka hasilnya
CUKUP”, atau selain kondisi diatas maka akan menghasilkan nilai “KURANG”..
BAB V
MEMBUAT GRAFIK

Grafik (Chart) biasanya sering digunakan untuk mengetahui suatu kenaikan atau penurunan dari angka-angka yang terjadi pada suatu data, apakah data tersebut semakin lama semakin meningkat atau semakin menurun.

5.1 Grafik Column / Batang
Adapun contoh grafik column yang akan kita pelajari adalah seperti yang tertera dibawah ini. Sebelum membuat suatu grafik, terlebih dahulu harus membuat sebuah tabel.
 Langkah - langkah dalam membuat grafik column adalah :
1.         Terlebih dahulu blok isi data didalam tabel yang ingin dibuat grafik
2) Klik tab Insert pilih bentuk grafik yang anda inginkan.
3) Pada tab Design, klik pada icon bentuk layout grafik yang diinginkan.
membuat banyak macam item/karakter benda serta dalam jangka waktu yang lama atau dengan kata lain jangka waktu yang panjang (misal : dalam beberapa tahun atau beberapa bulan). Sedangkan Grafik Pie hanya bisa untuk satu jenis item/karakter benda dalam beberapa jangka waktu yang panjang. Atau sebaliknya, yaitu dalam beberapa macam item/karakter benda dalam satu jangka waktu. Hal ini juga terdapat pada beberapa jenis grafik yang lain.

5.2 Langkah - langkah dalam membuat grafik pie/ pizza lingkaran adalah :
1) Cara 1 & 2 sama dengan cara pembuatan Grafik Column diatas tadi
2) Maka hasil grafik pie/lingkaran yang telah kita buat

0 komentar:

Posting Komentar