Merupakan salah satu program aplikasi yang cukup andal dan professional untuk membuat persentasi. Fasilitas pada Microsoft power point juga sangat lengkap jika dibandingkan dengan program aplikasi lainnya. Kelengkapan fitur dan fasilitasmembuat user merasa nyaman saat menggunakannya.
1. DASAR-DASAR PENGGUNAAN POWER POINT
Dasar-dasar penggunaan Microsoft power point 2007 sama dengan aplikasi program office yang lain, baik cara penyimpanan dan cara membuka file. Hanya saja, dalam pembuatan sebuah persentasi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, misalnya mempersiapkan layout persentasi.
Mengaktifkan Aplikasi Microsoft Power Point 2007
Seperti program aplikasi office lain, cara mengaktifkan aplikasi power point adalah dengan mengklik Start menu > program Microsoft office > Microsoft power point 2007
BAB I
MEMBUAT PRESENTASI
Pertama presentasi biasanya berisi judul dan subjudul. Cara default, saat program Microsoft power point 2007 diaktifkan pada lembar kerja akan secara otomatistampil kotak judul dan subjudul presentasi. Untuk menuliskannya, klik kotak to add title”, lalu ketikkan judul presentasi, misalnya “COMPANY PROFILE PT. MAKMUR JAYA”. Pda sub-title ketkkan alamat perusahaan. Misalnya “JL. Menoreh Raya No. 123 Semarang”.
COMPANY PROFILE
PT. MAKMUR JAYA
JL. Menoreh Raya No. 123
Semarang
Phone (024)8411711
|
Gambar1.1 Hasil Pembuatan Slide Pertama
1.1 Membuat dan Mengedit Teks
Untuk menambahkan teks pada desain slide, pilih Ribbon Insert. Pada groupTEXT > KLIK Text Box, lalu ketikkan teks yang diinginkan. Jika teks yang diinginkan tidak sesuai, anda anda biasa mengeditnya dengan mengklik teks yang akan diedit.
1.2 Menggunakan Outline
Outline adalah bagian dari aplikasi Microsoft power point 2007
Yang terletak disisi kiri lembar kerja, cara menampilkan outline adalah dengan mengklik tab outline yang terletak dibawah Ribbon. Pada outline akan ditampilkan objek atau teks yang menjadi bagian slide aktif. Anda juga bias mengedit teks melalui outline dengan cara seleksi teks pada outline, baru kemudian mengedit teks.
1.3 Membuat Catatan
Anda dapat juga menambahkan catatan pada slide dengan mengklik area “click to Add Notes” dibawah slide. Setelah itu, letakkan catatan slide yang akan ditambahkan.
1.4 Menyimpan File Presentasi
Menyimpan file presentasi sama seperti menyimpan file presentasi pada Microsoft poer point versi sebelumnya dengan save pada Quick Access toolbar. Ketikkan nama file dan tujuan yang diinginkan. Pilih power point presentation di bagian save as, dan diakhiri dengan mengklik save.
BAB II
MENGATUR DESAIN PRESENTASI
Untuk mempercantik presentasi, Anda bias menambahkan desain yang menjadi bawaan dari aplikasi Microsoft power point 2007 melalui Ribbon Design. Ribbon itu memungkinkan anda untuk menambahkan desain latar belakang slide dengan mengaktifkan slide. Lalu memilih Ribbon Design. Pada group Themes pilih salah satu desain slide. Untuk menampilkan semua pilihan desain, klik slide yang dipilih akan ditampilkan pada halaman konvas.
2.1 Mengatur Format Teks
Format teks yang dimaksudkan disini adalah seperti pengaturan ukuran, jenis font, warna teks, dan sebagainya, untuk mengatur format teks, seleksi teks dan gunakan Group Font (gambar 5.6) dengan mengaktifkan Ribbon Home terlebih dahulu. Pilih salah satu ikon untuk mengatur format teks.Menggunakan Kotak Dialog Font. Anda bias juga mengedit teks menggunakan dialog font dengan memilih Ribbon Home, lanjutkan dengan menyorot group font, lalu klik disudut kanan bawah.
2.2 Menggunakan Bullet and Numbering
Bullet and numbering sering digunakan untuk menulis poin-poin bahasan dalam presentasi. Untuk menambahkan Bullet and Numbering, gunakan cara berikut:
1. Seleksi bagian yang akan ditambah Bullet atau Numbering
2. Pilih Ribbon Home, pilih Bullet atau Numbering pada group paragraph.
3. Pilih bentu Bullet atau Numbering yang diinginkan.
2.3 Mengubah Warna Bacground
Anda kurang menyukai warna background theme, anda bias mengubahnya melalui Ribbon Design dan memilih Beckground pada group background, akan muncul berbagai warna Background. Anda juga bias mengubah style background secara manual dengan memilih Format Background pada kotak Background Style, pada pilihan itu, anda bias mengatur Style lebih detail.warna yang bias dipilih juga lebih bervariasi, misalnya warna gradasi, tekstur, atau bahkan gambar.
2.4 Menggunakan Master presentasi
Master presentasi biasanya menjadi bagian dari template, termasuk didalamnya teks, objek, theme, font, shapes, dan sebagainya. Untuk membuat master presentasi, pilih Ribbon View, pada group presentation Views, pilih Slide Master, lalu ketikan teks yang diinginkan.
BAB III
BEKERJA DENGAN TABEL, GAMBAR, VIDEO, DAN SOUND
Dalam presentasi, penambahan table, gambar, video dan , sound akan member nilai plus tersendiri, berkaitan dengan penambahan beberapa objek tersebut, maka dalam pembahasan berikut akan diuraikan beberapa hal, antara lain:
a).Bekerja dengan table
b). Menggunakan Gambar
c). Menambahkan video dan sound
3.1 Bekerja dengan table
Kotak table sering digunakan dalam penyajian presentasi yang hanya dipakaidalam pembuatan laporan. Membuat Tabel
Cara menambahkan objek table pada presentasi adalah dengan memilih Ribbon Insert. Pada group tables, pilih Table > Insert Table dan tentukan jumlah baris dan ilom, kemudian, masukkan data yang dibutuhkan seperti pada gambar berikut ini.
Untuk memodifikasi table, aktifkan table dan pilih Ribbon Layout. Lanjutkan dengan mengatur layout table yang diinginkan.
3.2 Menggunakan Gambar
Penambahan objek gambar merupakan salah satu komponen pendukukng dalam penyajian presentasi. Untuk menambahkan objek image. Pilih Ribbon Insert. Pada group ILLUSTRATION, pilih Picture. Lanjutkan dengan menentukan direktori file image yang akan di tambahkan dan klik insert untuk mengakhiri.
3.3 Menggunakan Grid dan Drawing Guide
Menggunakan grid dan gude digunakan untuk mengatur posisi objek pada presentasi sesuai keinginan. Untuk menggunakan Grid dan Guide, gunakan lembar kerja dan pilih Grid dan Guide.
3.4 Membuat Album Photo
Juga bias menambahkan photo album pada Microsoft Power Point 2007 menggunakan langkah berikut:
1. Pilih Ribbon Insert
2. Pada group Illustration, pilih Photo Album > pilih menu New Photo Album.
3. Berikutnya, tentukan direktori file image yang akan dijadikan album dengan mengklik File/Disk.
4. Setelah itu, klik Insert untuk mengakhiri.
5. Lanjutkan dengan memilih Fit To Slide untuk menyamakan ukuran Photo dengan ukuran slide.
6. Setelah selesai, klik Create.
7. Klik Slide pertama, lalu tambahkan teks:
3.5 Menggunakan Video dan Sound
Objek video dan suara juga bias dijadikan objek pendukung presentasi yang disajikan. Objek video berupa objek dengan animasi gerak.
a. Menambahkan File Video
Cara menambahkan objek video adalah dengan memilih Ribbon Insert. Pada group Illustration, Pilih Movie dan pilih salah satu namber file movie.
a. Menambahkan Sound
Anda juga biasa menambahkan music atau file sound lain dengan langkah berikut:
1. Pilih Ribbon Insert.
2. Pada group Illustration, pilih Sound.
3. Kemudian, pilih salah satu sumber file sound:
• Sound From File: Untuk memilih file sound dari direktori lain
• Sound from clip organizer untuk memilih file sound dari clip organizer
• Play CD Auto Track: Untuk memilih file Sound dari CD
• Record sound: Untuk memilih file sound yang merupakan hasil rekaman.
3.6 Menggunakan Efek Dalam Presentasi
Menyajikan presentasi semenarik mungkin menjadi tujuan utama seorangpresenter agar audiens tidak merasa bosan,tetapi merasa aman. Salah satu sajian menarik dalam prasentasi adalah menambahkan efek. Berikut akan dibahas dalam subbab
A. Menambah dan menggunakan animasi pada presentasi dilakukan dengan cara berikut:
1. Aktifkan atau tampilkan slide yang akan ditambah animasi.
2. Pilih Ribbon Animation, lalu pilih Animate pada group Animation. Setalah memilih bentuk animate, maka animasi akan ditampilkan pada lembar kerja. Untuk mengulang tampilan animasi, klik Preview tool.
B. Mengatur Setting Animasi; pengaturan setting animasi diperlukan untuk menampilkan sajian presentasi secara maksimal. Untuk mengatur setting animasi, lakukan tahapan sebagai berikut:
1. Awali dengan memilih Ribbon Animation.
2. Pada group Animation, pilih costum animation untuk menampilkan teks panes costum animation disisi kanan lembar kerja.
A. Menggunakan efek transisi
Efek transisis adalah efek pergantian slide menggunakan group Transition to this slide. Efek trasnsisi meliputu suara dan animasi. Untuk menambahkan efek transisi, berikut caranya:
1. Terlebih dahulu, Pilih Ribbon Animation.
2. Kemudian, tampilkan semua pilihan efek transisi dengan mengklik tanda pada group transition to this slide.
3. Setelah itu, pilih bentuk trasisi untuk ditampilkan pada lembar kerja.
4. Lanjutkan dengan menambahkan efek transisi suara dibagian Transtition Sound.
5. Berikutnya, atur kecepatan transisi pada Transition Speed.
6. Kemudian, klik Apply to all untuk menerapkan efek transisi pada semua slide presentasi.
7. Hilangkan tanda centang pada On Mouse Click jika anda ingin menampilkan efek transisi pada harus melakukan kilk.
8. Selanjutnya, atur waktu tampil setiap slide pada bagian Automatically after.
3.7 Membuat Slide
Slide tidak digunakan. Anda bias menyembinyikan slide dengan memilih Ribbon Slide Show. Kemudian, aktifkan yang disembunyukan. Pada group Set Up, Pilih Hide Slide.
3.8 Menyimpan CD Presentasi
Anda juga bias menyimpan oresentasi pada CD denan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Klik , lalu pilih publish.
2. Setelah itu, pilih package for CD.
3. Berikutnya, ketikkan nama CD pada kotak Name the CD.
4. Kemudian, klik Add files untuk memilih nama file presentasi yang akan dikopi kedalam CD.
5. Lanjutkan dengan menentukan direktori dan nama file presentasi yang diinginkan.
6. Setelah itu, Klik Add (Gambar 5.18).
7. Pada tahap selanjutnya, klik Copy to CD dan lakukan burning file menggunakan program aplikasi CD Burning, misalnya Ahead Nero.
3.9 Membuat Presentasi Dalam Bentuk Halaman Web
Apabila anda menginginkan agar prasentasi bias dijadikan secara online dan bias dinikmati oleh siapa pun, maka anda perlu menyimpan file presentasi dalam bentuk halaman Web. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan berikut.
A. Menyimpan file presentasi kedalam format halaman web Cara menyimpan file presentasi dalam format yang biasa disajikan secara online adalah:
1. Klik , lalu pilih Save As > dan pilih Other format.
2. Berikutnya, tentukan direktori penyimpanan file pada Save in.
3. Lanjutkan dengan mengetikkan nama file pada bagian File Name.
4. Tentukan type format Web Page pada bagian Save As type.
1. Setelah itu klik publish
2. Lanjutkan dengan memilih Complete presentation
3. Berikutnya, klik Publish
A. Menampilkan presentasi dalam web browser
Cara menampilkan file presentasi yang telah di publish adalah:
1. Buka aplikasi Internen Explorer.
2. Kemudian, klik menu File > Open > Browse.
3. Selanjutnya, Pilih direktori dan nama file yang akan ditampilkan pada web browser.
4. Setelah itu klik Open.
5. Berikutnya, klik Open. Dengan begitu, presentasi akan ditampilkan pada web browser Internet Explorer.